Home » » Ini 4 Keunikan Bandara Kualanamu Dibanding Bandara Indonesia

Ini 4 Keunikan Bandara Kualanamu Dibanding Bandara Indonesia

Posted by Indonesia Geopark on Sunday, July 28, 2013

Jakarta - Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, resmi beroperasi dan mengantikan operasional Bandara Polonia-Medan, Sebagai bandara baru dan modern apa saja keunikan bandara tersebut?

Saat berkunjung ke Bandara Kualanamu, Kamis (25/7/2013), detikFinancemencatat setidaknya ada 4 keunikan yang tidak ada di bandara lain di Indonesia.

1. Terintegrasi dengan Kereta Api

Kualanamu merupakan bandara pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan kereta api, di operasikan PT Rainlink anak perusahaan PT KAI (persero), kereta ini akan mengantarkan penumpang dari Stasiun Medan-Bandara Kualanamu.

Penumpang hanya dikenakan biaya Rp 80.000 per orang dan dapat ditempuh Medan-Kualanamu hanya dalam waktu 30 menit.

2. Tidak ada jasa porter

PT Angkasa Pura II memutuskan untuk menghapus jasa porter di Banda Kualanamu. Alasan Direktur Utama AP II, Tri S. Sunoko, karena di luar negeri sudah tidak ada bandara yang pakai jasa porter, dan jasa porter banyak mendapatkan keluhan dari penumpang.

3. Pengantar boleh masuk sampai ruang Check In

Tidak seperti di bandara lainnya di Indonesia pengantar hanya boleh sampai batas pintu masuk. Di Kualanamu pengantar boleh masuk sampai ruang check in.

Batas akhir pengantar adalah di ruang check in tersebut, dan pengantar tidak boleh masuk sampai ruang tunggu. Namun desain bandara yang modern pengantar masih bisa melihat penumpang yang duduk di ruang tunggu.

4. Dijaga 'Transformers'

Sebagai bandara termegah di Indonesia, wajar saja jika pengamanannya harus ketat, sehingga bandara ini dijaga langsung oleh 'Transformers'.

Para penjaga bandara yang dimaksud adalah mobil pemadam kebakaran canggih jenis Carmichael Cobra. Ada dua buah truk jenis ini yang disiapkan PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Kualanamu untuk berjaga-jaga di lokasi.

Truk berwarna merah ini dikenal juga sebagai robot bernama Sentinel Prime di film layar lebar 'Transformers: Dark of The Moon' besutan sutradara Michael Bay. Dalam film itu, Sentinel yang berwujud robot raksasa bisa menyamar jadi truk Carmichael Cobra saat berada di jalanan umum.

Sentinel yang awalnya baik malah membelot ke pihak musuh di akhir filmnya. Nah, semoga Sentinel Prime versi Bandara Kualanamu tidak ikutan jadi jahat karena mereka tugasnya mengamankan pesawat jika terjadi kecelakaan, misalnya kebakaran.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}